Minggu, 05 Agustus 2018

Menguak 4 Fakta Mengejutkan Seputar Susu Kental Manis

pai-yun.com - Beberapa pekan ini banyak isu bahaya susu kental manis yang beredar di masyarakat. Tentu saja, pendapat ini mengandung kekeliruan. Jika Anda belum tahu, susu kental manis ada pada Peraturan Kepala BPOM Nomor 21 Tahun 2016 tentang kategori pangan. 

Susu Kental Manis
Ilustrasi Susu Kental Manis
Susu Kental Manis?
Susu yaitu cairan yang berasal dari hewan ternak penghasil susu seperti kambing, sapi, kerbau, kuda, domba, dan lainnya, baik segar maupun yang dipanaskan melalui pasteurisasi, Ultra High Temperature (UHT) atau sterilisasi. 

SKM yaitu produk susu berbentuk cairan kental yang didapatkan dari menghilangkan sebagian air dari campuran gula dan susu hingga kepekatan tertentu. Gula sengaja ditambahkan untuk mencegah kerusakan produk. Berikut fakta-fakta seputar susu kental manis yang perlu Anda ketahui agar bisa bijak menyikapi polemik susu kental manis.

1. Susu Kental Manis Berbeda Kegunaan Saja dengan Susu Sapi 
Susu kental manis melalui proses evaporasi atau penguapan dan memiliki kandungan protein rendah namun kalori tinggi. Sedangkan susu sapi memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Susu kental manis dapat digunakan untuk setiap makanan dan minuman. 

Sedangkan susu sapi hanya cocok untuk susu formula. Sehingga hal ini bergantung kebutuhan kita, jika butuh untuk kelezatan masakan kita bisa tambahkan susu kental manis. Susu kental manis bisa digunakan untuk aneka kue seperti terang bulan, donat, roti bakar, hingga cake. Anda tidak perlu khawatir bahaya susu kental manis lagi. 

2. Susu Kental Manis Sudah Dekat dengan Jajanan Indonesia
Coba saja Anda ingat, berapa lama susu kental manis ada di Indonesia? Pasti jawabannya sejak Anda kecil. Hampir semua jajanan Indonesia memakai susu kental manis untuk menambah rasa nikmat. Semakin berkembangnya jajanan, semakin besar peran susu kental manis ini. 

Pada bulan ramadan saja, seluruh jajanan yang dijual menggunakan susu kental manis, mulai es campur, puding, pisang keju, martabak mini manis, hingga soda gembira. Rasa susu kental manis yang gurih bercampur manis membuat SKM digemari masyarakat sebagai penambah cita rasa jajanan nusantara.

3. Campuran Thai Tea 
Minuman dari Thailand ini sangat digemari banyak anak muda di Indoenesia. Pembuatan teh ini tidak lepas dengan susu kental manis. Thai Tea akan jauh lebih lezat jika dicampur dengan susu kental manis. Alasannya, jika memakai susu bubuk atau susu lain rasa yang dihasilkan kurang gurih. 

4. Sebagai Saus Pelengkap Dessert 
Anda pasti suka salad buah. Bagaimana jika salad buah tersebut tidak ditambahkan saus? Jawabannya akan terasa kurang. Oleh karenanya, peran susu kental manis sangat dibutuhkan sebagai saus dessert seperti puding dan salad buah. Biasanya pembuatannya dicampur tepung maizena dan vanili. 

Susu kental manis memang bukan untuk susu formula, namun fakta yang lebih besar terdapat pada kelezatan makanan. Sekarang Anda sudah bisa lebih bijak dengan polemik susu kental manis yang beredar, yang jelas Anda jauh lebih cerdas.

You May Also Like

Subscribe by Email

Menguak 4 Fakta Mengejutkan Seputar Susu Kental Manis
4/ 5
Oleh

Berkomentar lah yang Relevan