Rabu, 08 November 2017

Strategi Beli Rumah, Meski Gaji Masih Minim

Pai-yun.com - Gaji kecil tidak perlu khawatir ketika ingin membeli rumah, berita baiknya saat ini pemerintah menurunkan uang muka rumah KPR, sehingga membeli rumah Bali kini semakin mudah. Untuk Kamu yang berpenghasilan kecil pun bisa mendapat rumah impian. Mulai Agustus 2016 lalu uang muka untuk membeli sebuah unit rumah turun menadi 15% dari harga rumah diperuntukan bagi pembayaran DP untuk landed house atau rumah tapak pertama dengan luas lebih dari 70 meter persegi.

Strategi Beli Rumah
Ilustrasi
Selain uang muka yang ringan, beberapa pengembang juga menawarkan harga rumah murah di sejumlah lokasi. Lokasi rumah seperti Bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang, Bali dapat menjadi pilihan untuk rumah murah dengan harga Rp100 jutaan sampai Rp200 jutaan. Jadi tunggu apalagi ayo beli rumah sekarang juga sebelum harganya lebih tinggi lagi. Membeli rumah sudah tidak seharusnya lagi ditunda – tunda, rumah merupakan kebutuhan primer yang harus kita penuhi. Bagi kamu yang memiliki gaji atau penghasilan minim. Tidak perlu berkecil hati. Masih ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa memiliki rumah yang kamu butuhkan. Berikut strategi yang bisa kamu lakukan :

Tentukan Harga Rumah Impian 
Menentukan harga rumah yang akan dibeli dengan KPR sangatlah penting. Sebab Kamu harus bisa menyesuaikan angka kredit dengan kemampuan gaji setiap bulannya. Harga rumah yang ingin dibeli akan menentukan bersarnya tingkat cicilan per bulan. Salah satu strategi yang bisa digunakan untuk menyiasati masalah ini yaitu mengambil jangka waktu panjang dalam pembayaran kredit, seperti 15 tahun, agar bisa menyesuaikan banyaknya uang yang harus dibayar dengan kemampuan Kamu. Idealnya nilai maksimal cicilan yang kamu terima 30 % dari jumlah penghasilanmu per bulannya. Hitung dan perkirakan sendiri berapa waktu atau jangka tenornya.

Ayo Menabung!
Hal ini penting karena pembayaran KPR bisa memakan waktu yang lama. Karena itu, sebagai permulaan, rajin-rajinlah Kamu menabung agar bisa membayar uang muka dan cicilan rumah setiap bulannya. Sebagai contoh, bila Kamu memiliki gaji sebesar Rp2,5 juta, menabunglah sebesar 20 persen dari gaji yaitu Rp500 ribu secara rutin dalam beberapa bulan. Jika berhasil, Kamu sudah benar-benar siap untuk mengajukan KPR. Tentukan target waktu kamu untuk mengumpulkan uang dengan nominal tertentu.  Hal ini akan membuat kamu focus dan tidak lagi menggunakan uang sembarangan.

Siapkan Uang Muka Rumah
Selain cicilan KPR, Kamu juga harus memperhatikan besarnya uang muka. Unag muka rumah Bali menjadi syarat yang diajukan pihak bank sebelum melakukan KPR. Biasanya, pihak bank meminta uang muka dengan nilai tertentu dari harga rumah yang akan dikredit. Dengan begitu, siapkanlah dana dalam jumlah besar untuk dijadikan uang muka sebagai tkamu jadi pembelian rumah tersebut. Sekarang besaran uang muka rumah pertama hanya 15% dari sebelumnya 30%. Selain itu jangan lupa juga untuk memiliki dan mempersiapkan biaya cadangan sebagai jaga – jaga bila ada kperluan mendadak terkait proses jual beli rumah nanti.

 Cari KPR Bunga Rendah
Nah, ini merupakan salah satu hal terpenting bila akan mengajukan KPR. Kamu harus mengetahui dengan cermat besaran bunga yang ditawarkan dari produk KPR bank. Tiap-tiap bank menawarkan suku Bungan KPR yang berbeda-beda, jadi pilihlah KPR dengan bunga yang paling rendah Suku bunga KPR yang rendah akan mempengaruhi jumlah cicilan setiap bulannya. Pembeli dapat lebih ringan membayar angsuran apabila suku bunga KPR nya rendah. Pastikan untuk mengetahui dan meminta penjelasan pihak lembaga keuangan atau Bank terkait simulasi cicilan atau KPR yang akan kamu jalani.

Pilih Bank Yang Terpercaya
Namun apabila Kamu memilih produk KPR, jangan memilih bank hanya karena bunga pembayaran yang kecil, tanpa melihat kredibilitas bank tersebut. Kamu ingin semua proses kredit terjamin bukan? Ada baiknya Kamu memilih bank terpercaya yang produk KPR-nya sudah cukup terkenal di masyarakat. Minta rekomendasi dari beberapa teman dan kerabatmu.

Tentukan Pembayaran Cicilan Setiap Bulan
Hal ini berkaitan dengan kemampuan Kamu membayar cicilan setiap bulan. Sebagai contoh, Kamu harus membayar cicilan hingga Rp2 juta padahal gaji Kamu hanya Rp 2,5 juta. Hal seperti ini harus dihindari, ada baiknya lakukanlah perhitungan kasar kebutuhan per bulan yang disesuaikan dengan gaji Kamu terlebih dahulu. Jangan sampai seperti 'besar pasak daripada tiang' yah.

Beli Rumah Yang Sesuai Kebutuhan
Sebelum membeli rumah, sebaiknya Kamu mengetahui harga, jenis, dan tipe rumah yang akan dibeli. Artinya, Kamu dituntut untuk membeli rumah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Sama seperti di nomor 6, jangan sampai seperti 'besar pasak daripada tiang'.

Segera lunasi biaya administrasi
Jangan sampai Kamu menunda pelunasan biaya administrasi KPR yang diajukan dalam waktu lama. Sebab, semakin cepat biaya administrasi dilunasi, maka beban KPR Kamu juga semakin ringan.

Bika strategi di atas sudah mampu Kamu penuhi, maka sudah siap secara finansial dan mental untuk mulai mengajukan KPR. Perlu selalu kamu ingat bila membeli rumah Bali tidak bisa dianggap enteng. Perlu banyak pertimbangan dan informasi serta pengetahuan yang cukup. Oleh karena itu jangan sampai gegabah membuat atau memilih keputusan.

You May Also Like

Subscribe by Email

Strategi Beli Rumah, Meski Gaji Masih Minim
4/ 5
Oleh

Berkomentar lah yang Relevan