Minggu, 15 Oktober 2017

Resep Donat Kentang yang Paling Sederhana dan Menggoda Lidah

Pai-yun.com - Sudahkah kamu mencoba resep donat kentang di rumah? Kalau selama ini cuma masak resep yang itu-itu saja, mari kita bikin yang berbeda. Siapa tahu suami dan anak-anak nantinya ketagihan. Inovasi masakan dapur memang wajib digalakkan agar hubungan dalam keluarga semakin harmonis. Pastikan kamu jadi nomor 1 di hati mereka.

Donat Kentang
Ilustrasi

Bahan-Bahan

  • 3 kentang ukuran standar
  • Tepung terigu sekiranya 650 gram
  • Sebutir telur ayam kampung atau lehor
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan blueband
  • 1 sendok makan ragi
  • Garam seperlunya saja
  • 1 sendok makan susu kental manis (skm)


Cara Membuat

1. langkah pertama dan utama adalah kukus kentang sampai matang. Kalau sudah terasa matang dan lunak, angkat. Jangan lupa kupas kulitnya biar lebih gampang. Daripada kupas waktu masih mentah kan mending setelah matang. Tumbuk mereka sama-sama sampai terasa benar-benar halus.

2. Proses selanjutnya dalam resep donat ini adalah dengan mix gula pasir dicampur dengan telur. Kuning dan putih telur dimasukkan saja. Proses ini mungkin membutuhkan waktu yang agak lama. Tetapi kalau kamu menikmati rasanya cepat juga kok. Kalau sudah terasa hancur dan ulet, baru diamkan dan ganti ke proses selanjutnya.

3. Tentunya kamu masih ingat dengan kentang yang sudah halus tadi, kan? masukkan saja ke kocokan gula dan telur. Langkah selanjutnya aduk mereka sampai benar-benar campur. Biasanya akan kelihatan agak berbusa. Kalau sudah terasa nyampur, masukkan tepung dan aduk pelan-pelan saja.

4. Masukkan bahan selanjutnya, mulai dari blueband, ragi, dan susu kental manis atau skm. Kamu boleh kok masukkan bersamaan. Tidah harus satu demi satu. Aduk lagi hingga tercampur rata. Pada fase ini hampir siap adonannya. Tapi jangan lupa. Agar hasilnya lebih rekat, tambahkan lagi tepung secukupnya saja. Biar tidak terlalu encer.

5. Adonan yang sudah diberi tepung pasti sudah agak mengeras. Langkah selanjutnya pukul adonan itu kira-kira 30 menit. Tidak capai, kan? Kalau kamu bikinnya bareng suami lebih bagus. Bisa pukul secara bergantian. Setelah tepat 30 menit atau lewat sedikit, diamkan. Biarkan adonan itu benar-benar mengembang.

6. Tutup adonan itu dengan lap yang lembap biar lebih aman. Selanjutnya adalah tahap pembentukan. Kamu cuil sedikit-sedikit saja. Kemudian bentuk jadi bulatan yang bolong tengahnya. Lebih bagus hasilnya kalau kamu pakai tangan saat pembentukan. Kadang kalau pakai alat gara-gara takut lengket, malah hasilnya kurang maksimal.

7. Siapkan minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Setelah dirasa tua, masukkan calon donat ke penggorengan. Jangan lupa atur apinya yang kecil saja. Soalnya sifat donat itu mudah mengembang dan mudah matang. Tinggal tunggu sampai berwarna keemasan, baru diangkat. Umumnya hanya memerlukan beberapa menit saja.

8. Akhirnya donat kentang pun siap disajikan. Sebagai pelengkap, kamu boleh kok tambahin toping dengan ceres, atau mungkin selai. Terserah kamu deh. Yang penting suami dan anak-anak suka. Bukankah kalau mereka sudah suka, apa pun bentuknya tidak masalah? Yang penting rasanya. Asalkan kamu bikinnya pakai perasaan itu cukup.

Kamu bisa praktikkan resep donat kentang ini di rumah. Kalau kamu mau bikin donat dengan porsi yang banyak, frekuensi bahan-bahannya tinggal dilipatgandakan saja. Atau bisa kamu kira-kira sendiri. Kemudian masak dengan banyak orang. Dijamin seru dan bisa bikin hubungan dengan tetangga lebih hangat. 

You May Also Like

Subscribe by Email

Resep Donat Kentang yang Paling Sederhana dan Menggoda Lidah
4/ 5
Oleh

Berkomentar lah yang Relevan