Rabu, 05 April 2017

Setting Kamera DSLR Yang Harus Kamu Periksa Sebelum Mulai Membidik

Pai-Yun.com - Pernahkan kamu merasakan atau mengalami kesalahan pada saat mengambil gambar karena tidak teliti ketika melakukan setting kamera DSLR ? seperti menggunakan ISO 1200 pada saat acara dilaksanakan di siang bolong yang dapat tepat ketika menggunakan ISO 200 saja, atau menggunakan settingan white balance untuk mendung ketika membidik di ruangan yang memiliki penerangan lampu neon?. Secanggih apapun kamera DSLR canon murah yang kamu miliki hasil fotonya tidak akan maksimal ketika kamu salah melakukan setting kamera DSLR.

Setting Kamera DSLR
Ilustrasi
Kesalahan setting kamera DSLR akan menjadi sangat fatal ketika kamu menangkap momen yang cukup berharga dengan pengaturan yang payah atau salah. Meskipun kesalahan – kesalahan seperti diatas dapat diatasi dengan melakukan koreksi pada foto dengan menggunakan software. Tapi alangkah lebih baik jika kesalahan seperti ini kita hindari sejak awal, agar tidak membuang – buang waktu untuk mengerjakan hal yang sebetul masih bisa diminamilisir.

Meskipun kamu memiliki kamera DSLR canon murah atau kamera DSLR yang cukup payah, namun jika kamu melakukan setting kamera DSLR kamu tetap akan mendapatkan bidikan yang mantap bahkan lebih menakjubkan dibandingkan dengan bidikan kamera DSLR canggih.

Coba perhatikan beberapa setting kamera DSLR yang mendasar yang perlu kamu periksa ketika sebelum melakukan pemotretan atau sebelum mengambil objek.

White Balance

Ada beberapa settingan white balance seperti auto, daylight, cloudy, shade, tungsten, fluorescent, flash hingga custom. Kamu bisa memilih salah satunya. Gunakan settingan white balance yang cocok dan tepat sesai dengan keadaan dan kondisi ketika kamu melakukan pemotretan, atau bila kamu percaya dengan kamera kamu bisa dengan hanya menggunakan white balance di posisi auto.

Highlight Warning Kamera

Cara ini sangat ampuh dan perlu untuk diperhatikan guna menghindari bidikan gambar dengan hasil foto yang overexposure. Highlight merupakan penanda yang muncul di layar LCD kamera DSLR canon murah ketika ada bagan foto yang terbakar atau overexposed. Selain fitur highlight warning kamu juga bisa memeriksa histogram di LCD kamera SDLR yang kamu miliki.

ISO Setting

Setting kamera DSLR yang satu ini akan menentukan seberapa peka sensor kamera DSLR canon murah yang kamu miliki terhadap cahaya. Semakin tinggi angka ISO semakin peka sensor kamera. Setting ISO pada kamera yang memotret saat malam hari akan sangat berbeda dengan setting ISO yang akan digunakan untuk memotret pada saat pagi atau siang hari.

Ukuran Dan Format Foto

Membidik banyak foto hingga ribuan sekaligus seperti ketika kamu melakukan perjalanan atau traveling, tentunya akan membutuhkan setting kamera DSLR dengan ukuran dan format foto yang berbeda dibandingkan dengan ketika membidik di dalam studio foto, terlebih lagi ketika kapasitas memori yang kamu miliki berbeda. 

Mode Exposure Kamera

Dalam kamera DSLR canon murah biasanya akan memiliki beberapa pilihan mode exposure seperti manual, aperture priority, mode program,dan shutter priority, serta beberapa preset bawaan kamera DSLR lainnya. Pastikan kamu sudah mengetahui mode mana yang akan kamu gunakan ketika akan melakukan bidikan atau menangkap sebuah gambar.

Melakyukan persiapan dengan matang dan lebih hati – hati tentunya akan dapat dengan mudah mendapatkan hasil yang maksimal. Kamu tidak perlu lagi direpotkan dengan melakukan koreksi di berbagai macam gambar karena kesalahan pada saat setting kamera DSLR. Melakukan koreksi untuk beberapa foto mungkin akan dapat dengan mudah kamu atasi namun bila ratusan atau bahkan ribuan foto yang harus kamu koreksi?. Lakukan setting kamera DSLR diatas sebelum kamu mulai untuk membidik dan melakukan pemotretan.

You May Also Like

Subscribe by Email

Setting Kamera DSLR Yang Harus Kamu Periksa Sebelum Mulai Membidik
4/ 5
Oleh

Berkomentar lah yang Relevan