Sabtu, 14 Januari 2017

Ketahui Hubungan Bunga Perbankan dan Riba hanya disini

Pai-yun.com - Apakah bunga perbankan termasuk kedalam riba? Tak sedikit orang yang penasaran dengan jawaban dari pertanyaan tersebut. Secara bahasa riba dapat diartikan sebagai tambahan. Secara pemahaman menyeluruh dapat disimpulkan sebagai penetapan bunga atau melebihlan jumlah pinjaman saat pengembalian dengan presentase tertentu dari jumlah yang dipinjamkan.

riba dan Bunga Perbankan
Ilustrasi
Dalam hukum islam riba merupakan suatu hal yang dianggap dosa ketika dipraktikan dalam transaksi finansial baik itu transaksi jual beli ataupun transaksi pinjaman. Sudah menjadi sebuah keharusan bagi umat muslim untuk menghindarinya. Namun pada kenyataannya tak sedikit umat muslim yang masih sulit dalam membedakan keberadaan riba dan Bunga Perbankan dalam sebuah transaksi finansial. Selain umat muslim, persoalan riba juga sangat ditentang oleh agama agama lainnya.

Lembaga keuangan atau bank di Indonesia menggunakan bunga perbankan dalam setiap transaksinya. Tentunya bunga perbankan sudah dapat dukatakan sebagai tulang pungg7ng dati bank konvensional di Indonesia untuk menutupi biaya oprasi atau sebagai sumber penghasilan atau keuntungan. Walaupun begitu bukan berarti semua bank di Indonesia menerapkan hal yang serupa dengan menambahkan bunga perbankan dalam setiap transaksinya. Seperti bank syariah yang menawarkan sisyem bagi hasil atau kemitraan. Untuk kamu yang meragukan bank konvensinal ada baiknya memilih bank syariah.

Sederhananya perbedaan antara bunga perbankan dan bafi hasil yang ditawarkan bank syariah adalah sebagai berikut :

Bunga 

Lembaga atau bank yang mberikan pinjaman akan selalu mengalami keuntungan yang melimpah

Bagi hasil

Baik pihak lembaga atau bak selaku pemberi pinjaman dan para nasabah selaku penerima pinjaman sama sama akan mengalami keuntungan dan kerugian pada waktu dan keadaan yang sama.
Banyak hal yang dapat merugikan dari praktik riba ini seperti kesulitan sang penerima pinjan yanf akan terus dipersulit dengan pemerasan untuk melunasi pinjaman dengan bunga perbankan yang dibebankan. Bahkan yang lebih parah si penerima pinjaman bisa mengalami terlilit hutang yang tidak berkesudahan

Semoga penjelasan terkait riba dan bunga perbankan dapat menjadi informasi yang sangat berguna dan tentunya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan yang bijak bagi mereka yang akan melakukan pengajuan pinjaman.

You May Also Like

Subscribe by Email

Ketahui Hubungan Bunga Perbankan dan Riba hanya disini
4/ 5
Oleh

Berkomentar lah yang Relevan