Kamis, 01 September 2016

Mengapa Aroma Tubuh Bikin Semangat?

Mengapa Aroma Tubuh Bikin Semangat?

Meskipun terdengar klise, namun mencium aroma sesuatu yang segar bisa meningkatkan semangat. Bahkan senyum lebar akan tampak di wajah Anda bisa mencium bau seperti rumput segar, baking kue dalam oven, atau bau mawar mekar.

Namun mengapa menghirup sesuatu yang luar biasa dapat meningkatkan semangat begitu efektif dan cepat? "Bau adalah indera yang langsung," kata Dr Charles Spence dari Departemen Psikologi Eksperimental, Oxford University.

"Indera lainnya, Anda harus memproses informasi yang pertama. Tapi dengan bau, langsung mengubah emosi," lanjutnya.

Memori juga merupakan faktor penting pendukung. Sebuah bau yang tak terduga dapat membawa momen masa lalu, senang atau sedih, dilansir laman Mailonline, Jumat (28/10/2016).

"Heliotropin hampir membuat rileks setiap orang di Inggris," ujar Dr Spence. Jadi tidak mengherankan untuk belajar bahwa heliotropin adalah salah satu bahan yang memberikan bau yang menyenangkan, seperti bedak bayi.

Aroma memiliki fisiologis memengaruhi pada tubuh. "Bau yang menyenangkan merendahkan denyut jantung dan mengurangi stres. Itu yang membuat Anda merasa lebih baik," lanjutnya.

Aroma semangat ada pada chamomile, karena bisa menenangkan, efeknya membuat suasana hati membaik. Dan memiliki manfaat anti-depresan. Bau lainnya seperti:

- Air mawar
Cara sempurna untuk membangkitkan kelesuan dari bangun pagi.

- Jeruk
Dalam bentuk percikan aroma jeruk asli. Citrus ditunjukkan untuk membantu pasien yang terkena histeria dan depresi, kata Dr Spence.

You May Also Like

Subscribe by Email

Mengapa Aroma Tubuh Bikin Semangat?
4/ 5
Oleh

Berkomentar lah yang Relevan