Selasa, 01 Maret 2016

Cegah Efek Samping Proses Pemutihan Gigi

Cegah Efek Samping Proses Pemutihan Gigi

Selain gigi yang bersih dan sehat, deretan gigi yang putih akan menunjang penampilan seseorang. Untuk mendapatkan gigi putih secara instan bisa dilakukan proses pemutihan (bleaching).

Sebagai model, senyum yang indah adalah salah satu modal utama bagi Meiyola. Karena ingin membuat giginya lebih putih, model dengan tinggi 173 cm ini pun melakukan perawatan pemutihan di dokter gigi. Walau hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, tapi setelah proses bleaching ia mengeluhkan giginya menjadi sensitif.

"Gigi jadi ngilu kalau terkena makanan yang asam atau dingin," ujar salah satu model di ajang Jakarta Fashion Week 2017 ini.

Proses pemutihan gigi di dokter gigi memang aman dan wajar dilakukan. Namun, karena bleaching menggunakan bahan kimia nitrogen peroksida yang konsentrasinya tinggi maka dapat menimbulkan efek samping.

"Konsentrasi zat yang dipakai 15-38 persen, karena itu efeknya bisa meningkatkan warna gigi secara instan, saat itu juga. Tapi sesudahnya gigi menjadi sensitif," kata drg.Mellisa Adiatman PhD, dalam acara talkshow yang digelar oleh Systema di Mal Senayan City Jakarta (26/10/2016).

Berbeda halnya dengan pemutihan gigi menggunakan pasta gigi mengandung pemutih. Perubahan warna giginya berjalan pelan, kurang lebih 3 bulan. Namun, efek sampingnya lebih kecil.

"Memang bisa membuat gigi sedikit lebih putih, tapi jika tidak dilakukan perawatan lain bisa membuat permukaan gigi kasar, karena itu setelah 3 bulan, stop dulu ganti pasta gigi lain, baru pakai lagi pasta gigi yang berpemutih," paparnya.

Gigi sensitif

Mellisa menjelaskan, proses pemutihan di dokter gigi ditargetkan untuk tujuan estetika. "Ini untuk mereka yang ingin giginya putih secara signifikan," kata dokter gigi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia ini.

Pemutihan gigi pada dasarnya bisa dilakukan siapa aja, asalkan kondisi giginya sehat dan tidak berlubang. Menurut Mellisa, untuk mereka yang giginya ada tambalan harus dicek lebih dulu oleh dokter agar warna di permukaan gigi tidak berbeda.

Untuk mencegah efek samping gigi sensitif setelah proses bleaching, Mellisa menyarankan agar kita menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif beberapa hari sebelum pemutihan gigi. "Setelah di-bleaching juga gunakan pasta gigi khusus," ujarnya.

You May Also Like

Subscribe by Email

Cegah Efek Samping Proses Pemutihan Gigi
4/ 5
Oleh

Berkomentar lah yang Relevan